Tuesday, December 26, 2017

Cahaya Ungu Atau Biru, Dapat Membersihkan Kulkas Anda Dari Bakteri Berbahaya Lho!


Ingin membersihkan kulkas anda? Yang Anda butuhkan hanyalah beberapa cahaya ungu.

Baiklah, baiklah - itu adalah penyederhanaan yang sangat besar. Tapi ada penelitian baru yang menunjukkan bahwa cahaya tampak tertentu, yaitu cahaya violet, bisa membunuh bakteri salmonella di kulkas Anda, membuat isi lemari es Anda lebih aman untuk dikonsumsi. Ini adalah penemuan yang sangat menarik karena pengendalian hama sebelumnya mengandalkan sinar ultraviolet (UV) untuk membunuh sel yang tidak diinginkan, namun mengingat efek samping sinar UV yang berbahaya, hal itu juga bisa merusak dan berbahaya bagi manusia. Sekarang, bagaimanapun, mungkin ada sedikit lebih tepat dalam penggunaan cahaya kita.

Dalam sebuah laporan baru di Dewan Ilmu Pengetahuan dan Kesehatan Amerika, para ilmuwan dari Singapura telah menerapkan cahaya violet untuk keperluan desinfektan kulkas. Periset menyoroti lampu LED ungu pada 18 strain salmonella yang berbeda dalam percobaan mereka. Sementara beberapa strain bernasib lebih baik dari yang lain, semua bernasib lebih buruk daripada bila tidak ada cahaya violet yang ada sama sekali.

Ini penting karena salmonella dilaporkan merupakan penyebab penyakit bawaan kedua yang paling umum di A.S., menurut Centers for Disease Control and Prevention. Sebenarnya, bakteri tersebut harus dipersalahkan karena hampir 20.000 rawat inap dan sekitar 400 kematian setiap tahunnya. Terkadang, organisme berbahaya ini hanya nongkrong di kulkas Anda, mengkontaminasi sisa makanan Anda.

Peneliti Singapura, bagaimanapun, tampaknya telah menemukan solusi. Dalam karya sebelumnya, tim tersebut menyarankan agar cahaya violet dan biru mampu membunuh sejumlah bakteri yang berkaitan dengan keracunan makanan.

Yang mengatakan, tidak jelas apakah cahaya akan efektif pada bakteri yang sudah berhasil masuk ke makanan. Masih harus ditentukan dengan tepat berapa banyak cahaya ungu atau biru yang dibutuhkan di kulkas agar efektif. Tapi sama saja, ini adalah penemuan yang berarti yang bisa menyebabkan lebih sedikit kasus keracunan makanan di masa depan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cahaya Ungu Atau Biru, Dapat Membersihkan Kulkas Anda Dari Bakteri Berbahaya Lho!